RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI BOJONGDUREN
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 12 jam
pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
Standar Kompetensi
2. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten I kota dan provinsi
I. Kompetensi Dasar
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan
dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
II. Tujuan Pembelajaran**
¨ Siswa dapat Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
(respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes ) dan
Ketelitian ( carefulness)
III. Materi Pokok
§ Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan
sumber daya alam dan potensi lain yang ada di daerahnya
IV. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 1
· Kegiatan awal
-
Siswa
diajak mengamati gambar pemandangan alam
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan apa saja sumber daya alam di
daerahnya yang mendukung kegitan ekonomi di daerahnya
F Mengelompokkan sumber daya alam tersebut
sesuai jenis-jenisnya
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum materi pelajaran yang telah
diterimanya
Pertemuan 2
· Kegiatan awal
-
Siswa
diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”
-
Tanya
jawab materi pelajaran
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang manfaat sumber daya
alam
F Menjelaskan perlunya melestarikan sumber
daya alam
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mencatat hal-hal penting tentang manfaat
dan melestarikan sumber daya alam
Pertemuan 3
· Kegiatan awal
-
Menjawab
pertanyaan guru
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi
di daerahnya
F Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di
daerahnya
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Murid maju menunjukkan melalui peta tempat
kegiatan ekonomi di daerahnya
Pertemuan 4
· Kegiatan awal
-
Mengamati
peta di papan tulis
-
Menunjukkan
tempat dan jenis-jenis sumber daya alam
· Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam
di daerahnya
F Menceritakan sumber daya alam yang
mendukung kegiatan ekonomi
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bercerita di depan kelas tentang sumber
daya alam yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi di daerahnya
V. Alat dan Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar berbagai jenis
sumber daya alam
§ Sumber :
Buku IPS kelas IV
Buku
pendamping IPS yang relevan
VI. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan sumber daya alam yang
berpotensi di daerah-nya
§ Mengelompokkan sumber daya alam di
daerahnya
§ Menjelaskan manfaat sumber daya alam
yang ada di daerah
§ Menjelaskan perlunya melestarikan sumber
daya alam
§ Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan
ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§ Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang
ada di daerahnya
§ Menunjukkan tempat sumber daya alam
pertanian, kelautan,mineral
dan energi dan sumber daya ruang
§ Membuat laporan sederhana tentang hasil
pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Sebutkan
sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
Tulislah
tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!
Tulislah
tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!
Tulislah
potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!
Jelaskan
bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau
punah!
Apa
saja manfaat sumber daya alam pertanian?
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
7.
8.
9.
10
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Sukabumi, April 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
IYAY LUSIANA, S.Ag SEPTA RAJIB BAGJA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar